Selasa, 22 Juli 2014

Prasasti Ngrawan

Prasasti Ngrawan
       17 Juli 2014, bersama penunjuk arah Juragan Setyo Widodo (Pamong budaya Getasan) yang bersedia  menjadi guide dadakan jadilah meluncur ke Prasasti Ngrawan.
     Arah ke Prasasti Ngrawan sebenarnya cukup mudah, jika jeli sahabat akan menemukan papan petunjuk arah di pinggir jalan menuju Kawasan Wisata Kopeng.
   Ikuti jalan masuk tersebut, melewati SMPN 1 Getasan... jika menemukan tanda tulisan "KALIPANCUR" sebaiknya sobat tanya lagi, Prasasti sudah dekat.

Prasasti Grawan
        Prasasti Ngrawan, berada di Ngrawan Kecamatan Getasan kabupaten Semarang. Tepatnya di Kaki Gunung Telomoyo. barangkali itu juga kenapa diberi nama, (yang bisa ) Ngrawan;  diartikan daerah yang rawan (longsor). karena memang di lereng lereng banyak sekali batuan besar.
      Prasasti ini sudah lumayan(walaupun sedikit saja) diperhatikan dengan dibangunnya pagar dan atap serta sudah ada papan peringatan. Namun usaha untuk menggali lebih dalam prasasti ini nampaknya terhenti.
      Prasasti Ngrawan sampai saat ini belum diketahui informasi mengenai siapa pembuatnya, jaman apa dan bagaimana isinya, karena tulisannya sudah tidak jelas.
Prasasti ngrawan
     Konon, daerah ini dulu adalah pemukiman dan  daerah ini (ngrawan) sudah ada sejak dulu. Namun ketika terjadi bencana. Masyarakat pindah. jadi uniknya Prasasti ini tetap bernama Ngrawan. Tapi Desa Ngrawan sendiri sudah pindah ke tempat yang lebih aman. (Sumber pamong desa)
     
Selain Prasasti  adapula : 
lumpang
sisa2 saluran air
batu Candi terpendam 
 Prasasti Ngrawan pada saat bulan Rejeb masih digunakan untuk ritual budaya grup seni 'Topeng'. Selain itu masih digunakan untuk 'ziarah' ; terbukti masih ada sisa-sisa pembakaran kemenyan. 


nyepi u wangsit juga
SALAM PENYUKA CANDI
Save This
Not Only a stone!!
    
kika : saya, Setyo widodo (Pamong Budaya Getasan dan Mr. Pman.)


2 komentar:

  1. Good morning, Mr. Sasadara.
    You are very kind to the historical sites of Hindu and Buddha religion.
    I'm really admired for all your writings at your blog.
    Maybe we could meet one another someday.....to discuss everything about
    temples, about inscriptions, and about any site in Java Island and Bali Island,
    for honouring the splendor and the glory of Maha Trimurti (Brahma - Visnu - Shiva) and Adi Buddha.
    Om Shanti Shanti Om.
    Namo Buddahaya.

    BalasHapus
  2. Boleh minta no wa pak setyo widodo gan? Anom . Salatiga. Group Pusaka nusantara. Trims

    BalasHapus