Kamis, 19 Mei 2016

Mengunjungi Yoni Sendangmulyo Semarang a.ka. Yoni Gado-gado

Yoni Sendangmulyo Semarang
     














  





    Kamis 19 Mei 2016, seperti yang sudah-sudah ada seminar/pelatihan pulangnya ga blusukan berasa ada yang kurang. Kali ini seminar di Unika Semarang, acara selesai jam 1... serasa blusukan di kasih uang saku... heheheh. 
    Segera saya hub Lek Trist...dan mampir di tempat kerjanya (di daerah tembalang untuk minta peta/ arah menuju Yoni gado-gado Sendangmulyo.

    Sebelumnya.....
Yoni Gado-gado Sendangmulyo : foto by Max trist
      Keberadaan Yoni ini awalnya berasal dari informasi seorang kawan sekolah dulu yang rumahnya di Klipang..... periode tahun 2015, namun saya lupa pastinya bulan apa... 
     "Di pertigaan SLB Sendangmulyo ada batu seperti itu" kata Anang S.U, namun beberapa kali saya telusuri saat pulang ke Mranggen Demak hasilnya Nihil. 

     Barulah sekitar pertengahan Mei 2016, berturut turut, Mas Romi Romeo dan Kang Max Trist berhasil menelusuri Yoni Sendangmulyo ini, yang ternyata telah bergeser beberapa ratus meter ke arah Meteseh. Lokasi Yoni berada di sebuah warung Gado-Gado, disamping Cuci motor. 

   Tak jauh dari Gang menuju Bukit Menur RY.
      Kembali ke penelusuran "Kamisan", 19 Mei ini..... 

     Beruntunglah saya, Lek trist   berkenan 'guide', ditambah tambahan personil Blusukan, Gabung bersama kami Lek Suryo. Jadilah Trio Blusukan, Dari Tembalang melalui Sigar Bencah lurus terus kemudian pertigaan pasar Sendangmulyo ambil ke Kiri arah ke Kedungmundu. Kira kira 2km sampailah kami......
Yoni Sendangmulyo Semarang a.ka. Yoni Gado-gado

     Yoni berada di pinggir jalan yang ramai lalu lalang, namun ya itu...berulang kali saya lewat jalan ini mencari Yoni Sendangmulyo tak menduga, ternyata berada di sini Saya yang passion watu candi aja ta ngeh ternyata disini, apalagi yang tak acuh.....????
    Yoni berubah fungsi menjadi meja etalase gado-gado. Saat saya kesini, niatnya pingin mengambil gambar alih fungsi tersebut namun ternyata, gado-gado hanya buka sebentar dari jam 9 pagi sampai habis gado-gadonya.... , yang biasanya jam 1 sudah habis (Seperti foto diatas).
    Posisi yoni sayangnya dibalik juga diplester pakai semen, sehingga terkunci. 
    Dilema memang, disatu sisi itu sangat ironis "tragis', Yoni yang dulunya sangat sakral.... saat ini 'Hanya" dijadikan alas.... walaupun memang masih ada gunanya.... namun????!!!!!
 Yoni,  
   Yoni adalah landasan lingga yang melambangkan kelamin wanita. Pada permukaan yoni terdapat sebuah lubang berbentuk segi empat di bagian tengah – untuk meletakkan lingga –    Yoni merupakan bagian dari bangunan suci dan ditempatkan di bagian tengah ruangan suatu bangunan suci. Yoni biasanya dipergunakan sebagai dasar arca atau lingga.     Bentuk Yoni berdenah bujur sangkar, sekeliling badan Yoni terdapat pelipit-pelipit.     Pada salah satu sisi yoni terdapat tonjolan dan lubang yang membentuk cerat. Pada penampang atas Yoni terdapat lubang berbentuk bujur sangkar yang berfungsi untuk meletakkan lingga.     Pada sekeliling bagian atas yoni terdapat lekukan yang berfungsi untuk menghalangi air agar tidak tumpah pada waktu dialirkan dari puncak lingga. Dengan demikian air hanya mengalir keluar melalui cerat. Beberapa ahli mengemukakan bahwa bagian-bagian yoni secara lengkap adalah nala (cerat), Jagati, Padma, Kanthi, dan lubang untuk berdirinya lingga atau arca.    Lingga dan Yoni mempunyai suatu arti dalam agama setelah melalui suatu upacara tertentu. Sistem ritus dan upacara dalam suatu religi berwujud aktivitas dan tindakan manusia dalam melaksanakan kebaktiannya terhadap Tuhan, dewa-dewa, roh nenek moyang dalam usahanya untuk berkomunikasi dengan mereka. Yoni adalah Manifestasi dari Dewa Tertinggi dalam ajaran Hindu....
     Cerat Yoni Sendang mulyo 
Cerat Yoni Sendangmulyo
     Hiasan di badan Yoni (posisi seharusnya terbalik, gambar sesuai kondisi saat ini), 
Yoni Sendangmulyo

    Karena Yoni Dibalik dan disemen, (Posisi Cerat di Lantai). jadi tak bisa tahu bagaimana bentuk Lubang di Penampang atas yoni... Lubang Dimana Lingga itu Berada.
Yoni Sendangmulyo : dibalik, disemen

Yoni Sendangmulyo Bagian Dasar : Yang Dibalik
    Bagian dasar Yoni sangar rata dan persegi... Sangat Presisi.... Bayangkan saja buatnya bagaimana>>>???






Video Amatir : 




    Saat kami disini, pandangan kami tertuju di bukit di depan Yoni Sendangmulyo ini.... juga lek trist yang pernah dapat informasi mengenai keberadaan sendang kuno...yang merupakan ikhwal nama Sendangmulyo. 
     Jadilah kami melanjutkan penelusuran.
   Total ada 3 makam yang kami telusuri, namun sendang tak kami temui... (belum pastinya)... Semoga suatu waktu bisa kami peroleh kejelasan.....
Di bukit Sendangmulyo : ada makam kuno tak jauh dari saya berdiri
       Karena gagal kulineran Gado-Gado, akhirnya dengan kebaikan hati (seperti biasa), kami di traktir Lek Trist : Makanan wajib blusukan mie ayam

     Blusukan Di Yoni Gado Gado Sendangmulyo Bersama Lek Suryo dan Kang Trist....
Di Yoni Sendangmulyo Semarang : Lek Suryo, Saya dan Max Trist
Save This, Not Only a Stone!!!!
 di Yoni Sendangmulyo Semarang
Salam Pecinta Situs dan Watu Candi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar