Rabu, 01 Juni 2016

Menelusuri Jejak Gumuk Candi, Traji Temanggung

Gumuk Candi, Traji Temanggung
      Rabu 1 Juni 2016, beberapa saat di situs Setapan Temanggung, kemudian kami melanjutkan penelusuran ke Gumuk Candi, Traji (Masih di desa Bagusan), Temanggung, dan tetap bersama Lek Suryo. 
Traji : Info 5 tahun lalu
       Beberapa tahun yang lalu saya mendapatkan informasi yang sangat menarik (walaupun info itu sedikit salah tapi tetaplah sangat menarik hati saya) Info tersebut berbunyi : Sebuah tempat dimana Berkumpul dan Tempat Pertemuan Para Raja..... dengan lokasi di daerah lain.
     Lokasi tak terlalu jauh dari Setapan, namun maaf saya tak bisa secara detail... karena alasan khusus.,  Jadi maaf naskah ini melompat langsung di Situs Gumuk Candi, Traji Temanggung.
Gumuk Candi, Traji Temanggung
     Masuk area Gumuk ini terasa berbeda, masih sangat sejuk... perbawa daerah suci masih terasa. Selain Rimbunya pohon bambu yang memberi kesan "singup" ditambah berada di salah satu (dari 4) bukit menjadi tanda tanya misteri yang belum bisa terurai.

      Dari jalan Kampung, menuju Gumuk candi lumayan membutuhkan bekal, karena walaupun namanya gumuk tapi sebenarnya bukit.
Chakra Gumuk Candi, Traji Temanggung
 Saya sangat ngebet ingin melihat secara langsung "The Big Chakra", gumuk Candi Traji ini.....
    Ditambah dipameri rekan Dewa Siwa yang duluan kesana, bertumpuk kekesalan untuk segera kesana... untungnya.... ada yang padang pikirane, helem ngeterke... hehehehe maturnuwun lek Suryo.   
    Konon beberapa saat, pecahan candi ini dibiarkan tergeletak, karena masyarakat tak menyangka bahwa ini potongan yang terbelah. Setelah Disatukan nampaklah keindahan tiada tara 
   Chakra, dari sisi yang lain, 
Chakra Gumuk Candi, Traji Temanggung

      Dari Mas Viriyan Candra, saya dapat cerita Jaman SMA beliau masih banyak arca dan watu candi yang lumayan lengkap. Dan itu kira-kira 20 tahun lalu..... "Banyak yang dicuri, bahkan oleh aparat pemerintah sendiri"....(sumber saya rahasiakan)
     Sayangnya saat ini yang tersisa :
   Yoni tanpa Lingga, 
Yoni Gumuk Candi, Traji Temanggung

   Ukuran Yoni Sedang, berbentuk Sederhana namun lugas dan tegas, kondisi secara keseluruhan lumayan utuh walaupun hampir 50% ditutupi Jamur dan lumut. Sayangsekali Lingga pasangannya sudah raib, entah kapan... oleh siapa tak ada yang tahu.... hanya Tuhan mungkin tahu. %^%%#$#%$$#!!!!
Watu Candi berpola dan ber-relief, 
Gumuk Candi, Traji Temanggung

    Hiasan Atap Bangunan Suci (Candi), 
Gumuk Candi, Traji Temanggung
       Kemuncak, atau bisa pula unsur bangunan candi yang lain
Gumuk Candi, Traji Temanggung
     Struktur dasar bangunan Suci, 
Gumuk Candi, Traji Temanggung

     Naskah masih nunggu cerita dan Gambar 20 tahun lalu dari Mas Viriya Candra,  Semoga beliau tak lupa

Video Amatir Traji Temanggung : 


    Blusuk Bersama teman seperjuangan, Suryo Idein (Yang menghilang....) hahahahaha... tak tahu semedi dimana sekarang


     Yuk Kunjungi dan  Lestarikan....



Save This Not Only A Stone...
   Jangan Hanya Diam Saja dirumah Dan Mengutuki keadaan...... Mafia purbakala (Arca, watu candi, yoni, lingga, dll) memang banyak... kalau cuma menggonggong saja ayam pasti bisa!.
   Salam Pecinta Situs dan Watu Candi


Penelusuran kami lanjutkan situs dan Paladan... Kemudian Mampir di Nandi Depan Kelurahan Pringapus temanggung, Candi Pringapus dan terakhir di Petirtaan di Sndang Endhong Sewu Pringapus Temanggung, dan ketika Pulang Berhenti sejenak di ganesha pinggir Jalan Sidukun. (Link segera terhubung setelah naskah 100%)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar