Senin, 26 Desember 2016

Situs di Makam Dewi Roro Nawangsih di Pucang Grabag Magelang : Legenda Putri Raja

     Selasa, 26 Desember 2016. Penelusuran kali ini bersama duet nekat nglimpebojone... hehehehe. Bersama Lek Wahid saya mencoba menelusuri informasi dari Kang Adjie Negro, senior di dunia penelusuran situs di Temanggung area dan sekitarnya.
     Destinasi yang akan kami telusuri (untuk nama lokasi destinasi saya nunggu Kang Adjie Negro, Saya dan lek Wahid saking asyiknya penelusuran situs terlupa mencatat nama dusun, RT RW dan petunjuk lain nya) :
3. Situs di Makam Dewi Roro Nawangsih
4. Yoni Pucang Gunung 
5. Candi retno
6. Lapik Arca 
7. Yoni Banyusari
     Destinasi #3 Situs di Makam Dewi Roro Nawangsih : Legenda Putri Raja
Setelah mampir di Prasasti Tuk Mas, penelusuran berlanjut menuju situs Makam Dewi Roro Nawangsih. Informasi masih dari Kang Adjie. Awalnya, karena minim petunjuk arah serta sinyal yang kurang bagus panduan Gmaps kami tak bisa menjadikannya sebagai panduan. Hanya mengandalkan hasil bertanya kepada orang yang kami temui. Sebelumnya kami, “Nyoto dulu di Pasar Pahing Pucang Grabag Magelang sambil menggali informasi letak destinasi kami tentunya.
                Setelah menelusuri dan mencoba memasuki beberapa gang, clue atau bantuan penanda kami hanya ‘sebuah makam yang berada didekat lapangan dan melewati rumpun bambu’. Akhirnya ketemu juga.
Watu candi di Makam Nawangsih Grabag, magelang
                Dari kejauhan, sudah terlihat jelas sisa struktur batu candi (berbentuk kotak, berukuran relatif sama):    
     Kami lupa nama beliau, seorang warga yang banyak memberikan cerita kepada kami tentang perihal makam ini.
             Berkembang legenda tentang Dewi Roro Nawangsih yang berkaitan dengan dongeng Nawangwulan dan Jaka Tarub. Bidadari yang turun dari kahyangan kemudian mandi di sendang suci, seperti yang diketahuii saat mandi inilah selendang sang dewi dicuri oleh Jaka tarub. 
     (Bapak tersebut mengubungkan kehadiran Dewi Roro Nawangsih adalah sama dengan dongeng Dewi Nawang Wulan tersebut). Jika menganalisa dengan ilmu Gathoklogi saya, saya malah mengira-ira mungkin saja Dewi Nawangsih adalah Putri Raja yang kecantikanya menyerupai Bidadari dan berkuasa di wilayah ini.
Di waktu-waktu tertentu, banyak orang yang ziarah di makam Nawangsih ini, Ada pula setiap waktu tertentu (Bulan Mulud kalau tidak salah) di Lapangan didekat makam ini penuh sesak dengan para peziarah.
Setelah minta ijin, kami memberanikan diri untuk masuk dalam makam yang berada di dalam bangunan, dan nampaknya dimana Dewi Roro Nawangsih dan keluarga dimakamkan, (mohon maaf makam tak bisa saya tampilkan), namun dapat kami gambarkan bahwa makam ini memang kuno dengan ciri nisan serta kasat mata sangat berwibawa
                Disetiap teras di semua sisi makam ada tatanan watu candi yang terlihat pola dan kuncian sebagai sebuah satu kesatuan bangunan suci masa lalu.
                Seperti sebuah puzzle misterius yang hampir mustahil untuk disusun ulang  karena distorsi sejarah yang kelabu. 
    Sejarah yang malah berganti dengan Legenda yang sekarang diyakini oleh sebagian besar masyarakat.








    Keterbatasan informasi menjadikan kami tak bisa menyajikan sejarah/ cerita lebih detail mengenai ikhwal Nawangsih Ini. Secara administratif, Makam Dewi Roro Nawangsih ini berada di Dusun Pucang Gunung, Desa Pucang Kecamatan Secang Kabupaten Magelang.


    Dengan Segala Kerendahan Hati saya, saya menerima koreksi dan tambahan kontribusi cerita tentang  Dewi Roro Nawangsih ini

Salam Blusukan lintas kota “duet nglimpe

Wahid di makam nawangsih Grabag




























Mari ketahui, Lestarikan….
Di Makam Nawangsih Grabag Pendidikan
Pahami Jatidirimu

nb :
- Penelusuran Berlanjut menuju destinasi selanjutnya #4 Yoni Pucang Gunung 
all foto by Wahid corp.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar