Jumat, 22 September 2017

Petirtaan Sendang Tlogo, Kalangan Sukoharjo Pabelan

Petirtaan Sendang Tlogo, Kalangan Sukoharjo Pabelan
        Jumat, 22 September 2017, lanjutan dari penelusuran Situs Arca Nandi UKSW, kami mencoba menelusuri makam yang berada di samping UKSW, namun kami tak menemui jejak kekinian disini. 
      Karena waktu sudah menunjukkan kewajiban yang harus kami laksanakan setiap hari Jumat. 
      Kami kemudian menuju masjid Turusan Salatiga, (dimana daerah ini beberapa bulan berikutnya saya pernah penelusuran disini), pertimbangan mas Dhany, satu arah dengan destinasi selanjutnya (mas Dhanny guide kali ini). Dari Turusan Salatiga, kami menuju arah sendang Tlogo Sukoharjo Pabelan. 
terowongan
     Melewati terowongan kecil yang diatasnya adalah jalan tol Semarang - Salatiga (Tingkir). Info yang didapat, "Dulu ada lebih dari 3 truk batu seperti itu, dibawa truk proyek tol entah kemana" kata mas Dhanny bercerita kepada kami seperti yang ia dengar. 
     Kami duga untuk struktur jalan... miris sekali. Yang tersisa ya hanya tumpukan batu, kami kawatir sekali... saat kesini pas ada proyek pembangunan sendang. Yang sudah - sudah proyek itu akan memusnahkan bukti batu ini dipakai untuk pondasi kemudian di cor di semen, ditutup untuk selamanya dan hilang musnah jatidiri para leluhur yang tentu saja awalnya untuk diwariskan. 
     Dengan bukti bukti yang sudah sangat terbatas ini kami menduga ini adalah petirtaan kuno, dengan bukti sumber air yang melimpah dan mengairi persawahan di sekitarnya.
    Apalagi di dekatnya, di seberang jalan tol ada gumuk yang ternyata menjadi destinasi ke empat. (Situs makam Seba) Saat kami disini, pandangan orang proyek memang aneh, tapi kami sengaja tak menjelaskan maksud kami, maksudnya biar mereka penasaran... namun ternyata cuek. 
      Close Up Jejak Petirtaan :







     Sebenarnya saat disini jam sudah menunjukkan waktu untuk makan siang, sehingga nampak kami berempat sudah tak tenang. Kebetulan saya bawa jatah makan kantor mie bihun dan 2 roti. 
     Akhirnya semua kami bagi rata.... jika bukan blusukan kami yakin tak akan mau berbagi mie di daun pisang di bawah tatapan para pekerja proyek kami makan seperti orang paling bahagia saat menemukan makanan.

 Video amatir : 

    Salam pecinta situs dan waktu candi,  Lanjut ke destinasi ke tiga : Watu Lumpang Sukoharjo Pabelan 
Petirtaan Sendang Tlogo, Kalangan Sukoharjo Pabelan
#takperlutenar

Nb : 
Terimakasih semua kontribusi fotonya : Lek Suryo, Mas Dhany, dan Mbah Eka WP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar