Jumat, 22 September 2017

Situs makam Cungkup Tingkat Lor Salatiga

Situs makam Cungkup Tingkat Lor Salatiga
           Jumat 22 September 2017. Rangkaian akhir blusukan kali ini : petirtaan Sendang Tlogo, Lumpang Sukoharjo Pabelan, Pertapaan makan Seba, Kemuncak Kalipete dan Kala Ngentak Kutowinangun Lor Salatiga.
   Info awalnya diperoleh Lek Suryo dari Grup FB Salatiga yang diikutinya, Mohon ijin yang bersangkutan screet shootnya saya tampilkan;

      Dari gambar inilah kami jadi penasaran dan ingin segera meneusuri jejak peninggalan leluhur.















     Start dari Mie Ayam ABC, Dengan sedikit hati berdebar karena hanya Lek Sur yang belum merasakan sensasi durasi, Saya, Mbah Eka WP apalagi Mas Dhanny Putra ; paribasan udan soyo edan, banjir ora mlipir, panas ora nggagas, tapi yen di layar HP 10x miscall yang muncul mbokne anak anak. Tidak pakai lama, semrantall, nggeblas sampai rekan tak dipamiti. Wkwkwkeke. Kami harap-harap cemas semoga ibune bocah bocah terlupa miscall.
Situs makam Cungkup Tingkat Lor Salatiga
     Dari pertigaan ABC, kami melanjutkan penelusuran menuju tingkir. "Lampu merah yang kedua ambil kiri, sekitar 1km ada pertigaan ambil kanan.... daerah situ mas Tingkir Lor",jelas  tukang parkir yang kami tanyai.
     





    Mengikuti petunjuk tersebut, sesampainya di gerbang Tingkir Lor, karena tak ada orang yang bisa kami tanya kemudian Lek Suryo menyalakan GMaps menuju lokasi. Karena ternyata Makam Cungkup Tingkat Lor sudah ada di GMaps.
     Namun sayangnya, sekali lagi kami tersesat berkat GMaps. Akhirnya  kembali lagi secara manual tanpa teknologi, kami bertanya langsung kepada warga. Setelah beberapa kali bertanya dan keblabasen pada akhirnya ketemu juga.
     Untuk petunjuk lokasi, seingat saya Lek Sur menyimpan titik lokasi, silahkan hubungi sendiri....


      Berada di gumuk, dekat dengan aliran air, tanah yang subur. Ciri khas tinggalan  purbakala yang biasanya kami temui.
Situs makam Cungkup Tingkat Lor Salatiga
     Di Makam Cungkup ini, nisan yang kami lihat beberapa memakai struktur batu candi.
Struktur Watu Candi 

        Beberapa Batu Struktur batuan Candi :
     
Situs makam Cungkup Tingkat Lor Salatiga

























Situs makam Cungkup Tingkat Lor Salatiga


















       Seorang peziarah yang kami temui dan ingin gali informasi ternyata tak merespon pertanyaan kami. Entahlah....
 
     Saat disini, saya membaca poster silsilah yang membuat dahi berkerut mengenai Gusdur dan Jaka Tingkir ... ach sejarah memang multitafsir...  dan lagi bukan kapasitas saya untuk mengkajinya.... biarlah kebenaran yang kelak akan mengungkapkan....
    Saatnya kami pulang, dengan masing masing sudah saling mengerti tanpa harus bersama seperti saat berangkat, masing masing menggeber gas ingin segera sampai rumah... hahaha.



     Salam Pecinta Situs Dan Watu Candi.

























#takperlutenar




 Sampai Ketemu di Penelusuran berikutnya...... 

2 komentar: