Jumat, 20 Desember 2019

Misteri Keberadaan Jaladwara di Tegalsari Sendang Kelurahan Candisari Kota Semarang

 Jaladwara di Tegalsari Sendang Kelurahan Candisari Kota Semarang
    Blusukan situs seharusnya memang tak dibatasi kapan, boleh kapan saja.
 Jumat 20 Desember 2019. Kenapa kalimat pembuka saya seperti itu. Simak ya, sambal santai... Ngopi dan makan jadah goreng. Kadang nakal diperlukan agar hidup ini tak membosankan. Asal tak melanggar hukum saja. Wkwkwk. Ceritanya berawal dari 2x saya coba penelusuran solo alias sendiri. Namun dengan berbagai alasan sampai di dekat lokasi tak ketemu juga. Bahkan sang informan sampai bosen mungkin saya sambati.
      Akhirnya berganti cara, saya mengajak si ahli social enginering, master Eka W Prasetya. Hahahaha. Janjian seminggu sebelumnya, kami sepakat Jumat berkah ini blusukan. Sekali lagi nakal sedikit tak apalah.Yang penting setelahnya totalitas bekerja😁. .
     Rencana tampaknya mulus, mulai dari saya mbonceng, kemudian eh di support cigaret jadi lengkaplah. Tujuan pertama daerah Tegalsari. Dimana salah seorang sahabat situs pernah upload Jaladwara di tengah padatnya rumah penduduk. 
     Jalur dari Ungaran kemudian setelah Javamall ambil kiri. Gang tepat sebelum hotel Sriwijaya kiri lagi. Ketemu dengan balai RW. Sampai disitu penelusuran yang kedua kemarin gagal karena kurang nekat😀. Di dekat sumur warga, sebelahnya warung. Bantuan petunjuknya saat itu seharusnya mudah bagi saya. Tapi entahlah saya kok tak bisa menemukan. Baru hari ini, dengan si master social enginering saya punya keberanian nekat memutari sendang sambil pesan kopi susu. Hahahah. 
 Jaladwara di Tegalsari Sendang Kelurahan Candisari Kota Semarang
     Ternyata hanya kurang saknyuk, ngekek getir. Dibela-belain 2x Kok ya mung disitu. Setelah minta ijin mendokumentasikan, kami juga sempat bertanya ihwal keberadaan Jaladwara ini. 
Warung depan sendang dimana Jaladwara berada
      "Dulu ada 2 mas. Di kanan kiri masuk sumur/ pemandian umum ini" jelas beliau sambil menggoreng gembus. (Warung nya pas untuk bersantai). Obrolan kami kemudian mengalir. Sebelum di cor dan dibuat sumur dulu memang berwujud sendang dengan mata air jernih. Ada pohon beringin besar pula. 
    Jaladwara atau ornamen / struktur saluran air yang kami duga memang menjadi sebuah bangunan untuk tempat mensucikan diri pernah ada di sini. 
     Melihat kebelakang saat kami duduk ngopi, lurus pandangan mata, tertumbuk pada sebuah bukit, kami kemudian menyambung dengan dugaan lain bahwa diatas bukit itu "Dulu sekali pasti ada sesu'watu'.
 Jaladwara di Tegalsari Sendang Kelurahan Candisari
    Semoga yang mengambil Jaladwara satunya tersadar dan mengembalikan ke tempat semula. Juga bagi warga sekitar semakin peduli, minimal dengan menjaga agar jejak peradaban ini tak lagi diangkut mafia. 
    Bagi yang masih ragu.. nama tempat atau lokasi : Tegalsari Sendang kelurahan Candisari apakah tidak membuat kalian mengerutkan dahi dan berpikir? Bahwa dulunya ada candi di sini? 
     Walaupun hanya satu Jaladwara... Namun cukup indah menjadi sebuah bukti. 
 Jaladwara di Tegalsari Sendang Kelurahan Candisari Kota Semarang
     Maturnuwun mas Lutfhan informasinya... 'kangen guyon😀'. Apa kabar mas..... info satu lagi di Sendangguwo nyuwun mas, atau dipandu, biar gayeng dan terdokumentasikan 😃hehe
 Jaladwara di Tegalsari Sendang Kelurahan Candisari Kota Semarang
       Tentu cerita jaladwara Tegalsari Sendang tak akan ada kalau ga bersama teman nakal bersama ini ..: Matursembahnuwun mas Eka W P
Eka W P di Situs  Jaladwara di Tegalsari Sendang Kelurahan Candisari Kota Semarang
     Channel Youtube : Video amatir segera terhubung jika sudah selesai saya edit.
Salam pecinta situs watu candi
ssdrmk di situs  Jaladwara di Tegalsari Sendang Kelurahan Candisari Kota Semarang
Sampai ketemu di penelurusan berikutnya. 
#hobikublusukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar